Bhuppae Sunniwat | Review

  • August 08, 2019
  • by
Bhuppae Sunniwat Poster

Details

  • Title : Bhuppae Sunniwat ( บุพเพสันนิวาส ) / Love Destiny
  • Genre : Historical Drama / Fantasy / Romance
  • Episode : 15 episode / 40 Episode (Re-Run)
  • Country : Thailand
  • Broadcast Channel : CH3

Cast

  • Bella Ranee Campen as Mae Karakade dan Kadesurang
  • Pope Thanawat as Por Date / Muen Sunthordewa / Khun Sri Visanvacha
  • Prang Kannarun as Mae Ying Janward
  • Punjan Kawin as Ruengrit / Por Reung / Muen Reung Ratchapakdee
  • Louis Scott as Constantine Phaulkon / Chao Phraya Wichayen
  • Susie Susira as Mae Marie / Thong Khip Ma

Synopsis

Berlatar belakang jaman Boran atau 300th sebelum masa sekarang, Bhuppae Sunniwat bercerita tentang kehidupan politik di jaman itu dengan bumbu kisah-kisah romantis dari para pemain utama. Mae Karakade yang merupakan tokoh utama dalam drama ini merupakan gadis yang cantik dan menawan. Ia merupakan tunangan dari tokoh utama pria yaitu Por Date. Namun, bertolak belakang dengan keindahan wajahnya, Mae Karakade merupakan gadis berhati jahat dan egois. Semua orang di Phra Nakhon (salah satu district central di Thailand menurut Wikipedia) bahkan tahu sifat dan karakter buruk dari Mae Karakade. Mereka semua membenci dan takut pada Mae Karakade, bahkan Por Date yang merupakan tunangannya sendiripun membencinya. Por Date sebenarnya tidak setuju dengan pertunangan ini karena memang dia tidak suka sama Mae Karakade, tapi khun phra yang merupakan ayah dari Por Date bersikeras bahwa Por Date harus menikah dengan Mae Karakade. Hal ini terjadi karena khun phra telah berjanji kepada sahabatnya yang merupakan ayah dari Mae Karakade bahwa ia akan menikahkan salah satu putranya dengan putri sahabatnya tersebut. Karena suatu hal, Mae Karakade kehilangan seluruh keluarganya dan tidak memiliki siapapun. Mae Karakade pun akhirnya tinggal di rumah khun phra dan mempersiapkan dirinya untuk menjadi istri Por Date. Por Date berusaha mengulur waktu pernikahan mereka agar Por Date bisa lolos dari perjodohan ini.

Kejadian ini menggemparkan seluruh Phra Nakhon mengingat Mae Ying Janward merupakan putri dari Ork Ya Gosa Ban yang merupakan petinggi pemerintahan di jaman Phra Narai. Semua orang menuduh Mae Karakade sebagai orang dibalik kejadian ini, tidak terkecuali keluarga khun phra. Mae Karakade dan kedua pelayannya di interogasi oleh Khun Phra dan Por Date, namun Mae Karakade menyangkal sebagai orang dibalik kejadian yang menewaskan pelayan Mae Ying Janward. Karena Por Date bersikukuh bahwa Mae Karakade lah pembunuhnya, akhirnya Khun Phra dan Mae Ying Jumpa (ibu dari Por Date) sepakat untuk melakukan ritual moon mantra. Moon mantra adalah ritual yang diturunkan oleh keluarga Khun Phra dimana mantra ini sangat kuat kekuatan magisnya.

Berbeda dengan Por Date, Mae Karakade sangat mencintai Por Date, bahkan ia rela melakukan apapun untuk membuat Por Date menjadi miliknya. Tetapi, Por Date menyukai Mae Ying Janward yang baik hati dan anggun. Mae Karakade yang benci dengan Mae Ying Janward, berencana untuk membunuhnya. Mae Karakade yang memiliki dua pelayan yang sangat menyayangi dan patuh terhadapnya yaitu Mae Pin dan Mae Yam, menyuruh Mae Pin untuk menenggelamkan perahu yang sedang ditumpangi oleh Mae Ying Janward dan pelayan-pelayannya. Kedua pelayan tersebut awalnya keberatan akan perintah tuannya itu, tetapi karena mereka takut dihukum oleh Mae Karakade akhirnya setuju untuk melakukannya. Namun usaha untuk membunuh mae ying karakade gagal, karena yang tewas dalam kejadian tersebut bukanlah Mae Ying Janward namun pelayannya.

Moon mantra ini ditujukan untuk membuktikan kebenaran, dimana jika orang yang dituju bersalah maka orang tersebut akan mati. Tetapi jika orang tersebut tidak bersalah maka mantra tersebut tidak akan  berefek apapun padanya.

Khun phra dan Por Date merupakan orang utama yang melakukan ritual ini dan diikuti oleh seluruh orang di rumah tersebut. Mae Karakade yang tidak percaya dengan kekuatan moon mantra, justru percaya diri dengan menantang moon mantra. Ia yakin bahwa ia tidak akan tersentuh sedikitpun oleh moon mantra. Namun, kekuatan besar dari moon mantra membuat tubuh Mae Karakade terasa terbakar dan kesakitan. Dalam keadaan yang sekarat ini, roh dari Mae Karakade melintasi ruang waktu dan berada pada masa saat ini (2018).

Roh Mae Karakade menemui Kadesurang yang wajahnya mirip sekali dengan Mae Karakade namun Kadesurang cukup chubby berbeda dengan Mae Karakade yang bertubuh langsing. Mae Karakade yang muncul dengan wajah menakutkan membuat Kadesurang dan sahabatnya, reungrit ketakutan dan lari. Di dalam perjalanan pulang ruengrit yang melihat ke kursi belakang mobilnya melalui spion, melihat Mae Karakade yang menyeramkan. Kadesurang yang menyadari itu langsung menjerit dan keduanya pun mengalami kecelakaan. Reungrit pun selamat tetapi Kadesurang meninggal di tempat. Namun, roh dari Kadesurang bertemu dengan roh Mae Karakade. Mae Karakade memohon kepada Kadesurang untuk menggantikannya di dunia untuk membuktikan bahwa Mae Karakade bukanlah gadis jahat, tapi ia juga punya sisi baik. Kadesurang yang berhati baik dan tidak tahan melihat orang lain meminta tolong, akhirnya menyetujuinya.

Mulai dari sini, roh Kadesurang berada di tubuh Mae Karakade dan menjadi Mae Karakade.

Mae Karakade yang notabene Kadesurang terkejut bahwa ia kembali ke masa lalu. Bahasa dan sikap yang sangat berbeda dari Mae Karakade asli membuat seluruh keluarga khun phra merasa ia gila. Mae Karakade yang aslinya jahat dan egois berubah menjadi sesosok yang baik hati dan ceria. Por Date yang memiliki sahabat yaitu Muen Reung membuat Mae Karakade terkejut saat pertama kali bertemu dengannya. Hal ini karena Muen Reung memiliki wajah yang mirip dengan sahabatnya di masa sekarang yaitu Reungrit. Ia pun berpikir bahwa Reungrit sahabatnya juga kembali ke masa lalu dengan menjadi Muen Reung.

Lalu bagaimana dengan kelanjutan hidup Kadesurang di tubuh Mae Karakade? Apakah Por Date akan luluh dengan Mae Karakade yang baru? Lalu apa yang akan terjadi saat tugas Kadesurang untuk membuat roh Mae Karakade tidak lagi menderita telah usai?

Rate

9.9 out of 10

Review

Awalnya gue sendiri nggak tertarik sama drama ini. Walaupun Bella dan Pope ini salah satu aktor favorite gue. Hanya karena style rambutnya Bella, mampu bikin gue nggak tertarik. Gue pernah juga ngehujat orang-orang di forum drama di facebook yang bilang drama ini adalah salah satu drama terbaik tahun itu (2018). Yaa walaupun ngehujat dalam hati sih.

But, yup bener banget ternyata drama ini sebagus itu untuk diikutin mulai dari awal episode sampai akhirpun nggak ada yang aku skip. Sampai-sampai bikin gue susah move on hahaha *lebay.

Drama ini komedinya dapat, sedihnya dapat, senangnya dapet, tegangnya dapat, marahnya dapat, semua deh intinya. Untuk latar kisah politik memang ini sesuai dengan sejarah di Thailand jadi seperti orang-orang di pemerintahan masa itu memang ya mereka itu. Jadi gue yang nonton jadi sedikit tahu tentang sejarah masa itu. Untuk jalan cerita sendiri menurut gue bukan cerita yang complicated yang seperti satu masalah habis, muncul masalah lain gitu, but no. Drama ini lebih ke cerita bagaimana seorang perempuan di masa itu membantu para pria yang merupakan anggota pemerintahan berusaha menyelamatkan negaranya dari efek orang Perancis yang berusaha mengambil alih orang Thailand sendiri. Perbedaan negara dan agama pun membuat banyak kerusuhan dan pertentangan. Tetapi hal ini juga membuat Mae Karakade bersahabat dengan Mae Malee.

Cara hidup yang sangat berbeda dari masa modern pun juga ternyata membuat cara pandang dan berpikir masyarakat berbeda dan itulah struggle yang dihadapi Mae Karakade baru yang membuat drama ini semakin menarik dan worth to watch.

Jadi, untuk kalian yang lagi cari-cari drama Thailand buat di tonton  gue saranin Bhuppae Sunniwat deh. Drama ini untuk original version nya itu berjumlah 15 episode dengan durasi 1 jam lebih. Tapi untuk re-run version nya itu berjumlah 40 episode dengan durasi 45 menitan. Gue saranin buat nonton yang 40 episode aja, soalnya ada adegan-adegan yang di cut di original version dan dimunculin di re-run version jadi lebih jelas gitu ceritanya.

Buat kalian yang berminat, kalian bisa tonton di musefansub, kedua versinya ada dan videonya udah HD. Kalian bisa stream atau download videonya secara gratis. Tetapi untuk stream di website musefansub, kalian harus pakai VPN. Soalnya di Indonesia di blokir video playernya. Sebagai penonton yang baik, selalu tontonlah videonya di website asli subber nya untuk menghargai kerja kerasnya. Ok

Sekian review lakorn kali ini, hope you like it and have a good day peeps ^^

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×